Chrome Based Browser

Setelah kemarin kita mengulas tentang RockMelt, salah satu chrome based browser yang dibuat khusus untuk pecinta jejaring sosial seperti facebook dan twitter, sekarang kita akan membahas 4 chrome based browser lainnya yaitu TheWorld, BlackHawk, ChromePlus dan Comodo Dragon. Kita akan membahas kekurangan dan kelebihannya masing-masing chrome based browser tersebut dan menentukan 1 pemenangnya!

Apa saja Chrome based browser tersebut?

1. TheWorld Browser : Fokus pada kecepatan!

TheWorld adalah chrome based browser yang dibuat dengan menitikberatkan pada kecepatan browsing. TheWorld memiliki fitur antara lain anti-crash dan anti-freezing, resource usage control, private browsing, serta tingkat kecepatan browsing yang tinggi.

Secara penggunaan resource, TheWorld memang membutuhkan resource CPU dan memori yang lebih kecil daripada browser standard lainnya. Teknologi anti-freezingnya membuat Tab TheWorld tidak terpengaruh oleh tab lain yang sedang freezing.

Jika anda mengaktifkan fitur InPrivate Browsing, maka TheWorld tidak akan menyimpan cache, history dll. Temporary files dan web forms akan secara otomatis dibersihkan ketika anda menutup window TheWorld browser.

Jika dilihat dari tampilannya, TheWorld lebih mirip Firefox daripada Google chrome. Bahkan fitur Downloader internalnya memang dibuat mirip seperti Firefox dengan optimasi kecepatan multi download yang lebih baik daripada milik Google Chrome yang asli.

Kelemahan TheWorld terletak di Skin dan Warna tampilannya yang “monoton”. Tidak seperti Google Chrome yang kaya themes dan skin, TheWorld hanya memiliki beberapa pilihan warna dan 2 pilihan skin saja.

bagi anda yang menginginkan browser dengan kecepatan akses yang tinggi, anda bisa mendapatkan TheWorld Browser secara gratis disini:

2. Comodo Dragon Browser : Fokus pada security dan privacy!

Comodo Dragon merupakan salah satu chrome based browser yang benar-benar berfokus pada security dan privacy anda saat browsing di internet. Fitur Comodo Dragon antara lain peningkatan keamanan privacy anda, SSL certificate Identification, stabilitas yang lebih tinggi, incognito mode stops cookies.

Dengan fitur keamanan yang super tinggi ini, tentu saja mengurangi kecepatan browsing anda karena sebelum website ditampilkan di halaman browser, website tersebut terlebih dahulu melalui beberapa pengecekan untuk memastikan keamanannya.

Comodo akan melakukan validasi SSl, menghentikan cookies dan spy, serta mencegah didownloadnya tracking dari browser anda oleh web-web yang anda kunjungi.

Kelemahan Comodo Dragon adalah versi chrome based nya yang masih tertinggal jauh dari versi chrome saat ini.

Bagi anda yang ingin menggunakan browser dengan tingkat keamanan yang tinggi, anda bisa mendapatkan Comodo Dragon browser disini:

3. ChromePlus Browser : Fokus pada kemudahan & fungsionalitas!

ChromePlus juga merupakan chrome based browser, namun lebih cenderung fokus di kemudahan dan fungsionalitas seperti adanya fitur mouse gesture, super drag, IE tab dan masih banyak lagi kemudahan lainnya.

Secara fungsionalitas, banyak sekali fitur tambahan dari Chromeplus ini antara lain:

1. Cukup double klik tab untuk menutup tab tersebut
2. Anda bisa memberi perintah atau command baru dengan menggunakan arrow mouse anda (Mouse Gesture)
3. Cukup drag suatu link dan drop di tempat manapun di dalam halaman ChromePlus, sebuah new tab yang membuka link tersebut akan otomatis terbuka.
4. Cukup Block dan Drag text yang anda inginkan, kemudian drop di tempat manapun di halaman ChromePlus, hal itu akan otomatis membuka halaman pencarian untuk teks tersebut.
5. Memiliki fitur IE tabs yang bisa membuka website dengan IE controls.
6. Terintegrasi dengan beberapa downloader populer seperti NetAnts, Orbit, QQ Xuanfeng, IS, FlashGet3, FlashGetMini, NetX, WebThunder dan Xunlei. Sehingga anda cukup klik kanan link download dan anda bisa mendownload file tersebut dengan menggunakan tools downloader yang anda inginkan.

Kelemahan dari ChromePlus adalah dari sisi desain yang masih sangat standar dari google chrome, tidak ada keunikan lain seperti yang ditampilkan oleh browser chrome based lainnya.

Jika anda menginginkan browser yang memiliki daya fungsionalitas tinggi, silahkan download ChromePlus browser disini:

4. BlackHawk Browser : Menggabungkan Firefox dan Google Chrome dalam 1 browser!

BlackHawk merupakan salah satu chrome based browser baru yang belum begitu populer. Selain karena support dan perkembangannya yang masih lambat juga dikarenakan oleh promosi keunggulan fiturnya yang kurang gencar. Namun begitu secara performa, BlackHawk tidak kalah dengan chrome based browser lainnya.

Dengan menggabungkan kecepatan yang dimiliki oleh Google Chrome dan fungsionalitas yang dimiliki oleh Firefox, BlackHawk bisa menjadi salah satu browser yang layak untuk anda coba.

Kelemahan BlackHawk terletak di desainnya yang masih cenderung standar, bahkan dapat dikatakan masih sama persis dengan google chrome.

Bagi anda yang ingin merasakan kombinasi kecepatan google chrome dan fungsionalitas firefox di dalam 1 browser, silahkan download BlackHawk browser disini:

Jika dilihat dari keempat browser tersebut, semua memiliki fokus yang berbeda-beda. Ada yang fokus di kecepatan, fungsionalitas, security dan privacy, dll. Pemenang dari browser tersebut tergantung dari apa kebutuhan anda.

Semoga Bermanfaat !

Posted on 03/21/2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. gan ambil gambarnya ya untuk blog ak thanks

  2. mantap gan coba yah,.,.,.😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: