Mengakses Semua Sensor Temperatur Komputer Dengan SpeedFan

Pernahkah anda membayangkan bisa mengetahui semua temperatur hardware yang ada di komputer anda mulai dari mengetahui temperatur Hard disk, Core CPU, Motherboard, dan yang lainnya bahkan hingga kecepatan fan komputer anda? Dengan software SpeedFan ini anda bisa mengetahui semua informasi tersebut dengan jelas dan realtime. Tidak hanya itu saja, software SpeedFan gratis ini juga bisa menampilkan detail informasi lainnya seperti semua informasi hasil analisa S.M.A.R.T info dari hard disk, voltase, dll.

SpeedFan juga mampu mengakses digital temperature sensors untuk mengatur kecepatan fan komputer anda serta mengubah Clock dan FSB (Front Side Bus) dari beberapa hardware di komputer anda.

Apa saja yang akan anda dapatkan setelah menginstall SpeedFan ini?

1. Info dari semua sensor yang ada di komputer anda. Di fitur tersebut anda bisa memperoleh semua data yang ada di sensor komputer anda meliputi temperatur hardware komputer anda (hardisk, motherboard, core CPU), Frequency CPU anda, informasi baterai (jika anda menggunakan laptop), serta informasi penggunaan core masing-masing CPU.

2. Hasil analisa dari S.M.A.R.T info hard disk anda. Di fitur tersebut anda bisa memperoleh semua informasi mengenai hard disk anda seperti Raw Read Error Rate, Spin Up Time, Start/Stop Count, dll.

3. Chart untuk menganalisa pergerakan temperatur, kecepatan fan, dan voltase hardware di komputer anda.

4. Panel untuk memodifikasi Clock di komputer anda. Di panel ini anda bisa mengubah clock CPU untuk mengoptimasi performa hardware di komputer anda (Over Clocking). Namun anda harus berhati-hati karena sebuah kesalahan kecil bisa berakibat fatal. Jika anda belum pernah melakukan over clocking atau tidak mengetahui prinsipnya, saya menyarankan jangan menggunakan fitur ini.

5. Panel konfigurasi. Di panel konfigurasi ini anda bisa mengatur semua fitur yang ada di SpeedFan software seperti bahasa, ukuran teks, setting pendeteksi sensor dll.

6. System tray temperature info. Ketika anda mengaktifkan SpeedFan, maka anda bisa melihat informasi temperatur hardware anda secara lengkap dengan cepat melalui system tray windows anda.

SpeedFan ini bisa anda install di komputer dengan sistem operasi Windows 9x, ME, NT, 2000, 2003, XP, Vista and Windows 7 (32 bit maupun 64 bit)

Bagi anda yang tertarik untuk menginstall software SpeedFan ini, anda bisa mendownloadnya secara gratis.

Download Speed Fan :

Review saya mengenai software SpeedFan ini

Pros:

Semua informasi mengenai temperatur hardware bisa diperoleh secara lengkap dan mudah.

Cons:

Tidak semua fiturnya bisa bekerja dengan baik. Beberapa fitur tidak bekerja untuk hardware-hardware tertentu. Fitur Clock Settingnya bisa berbahaya jika tidak dimanfaatkan oleh orang yang memahami fitur overclocking.

Final Verdict:

Bagi anda yang ingin mengetahui semua temperatur hardware komputer anda, anda bisa menginstall SpeedFan ini secara gratis.

Semoga Bermanfaat !

Posted on 03/23/2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: