Umur Harddisk

Sebuah studi dari Storelab, sebuah perusahaan perbaikan data baru baru ini mengeluarkan informasi penting tentang umur harddisk. Data dikumpulkan dalam jangka waktu lama, sesuai dengan pemakaian dan kerusakan harddisk yang mereka temukan.

Laporan ini menjadi kontroversi mengingat banyak harddisk cacat atau rusak yang dibuat oleh vendor pabrikan, dan pentingnya data yang disimpan pada harddisk computer.

Penguna computer, khususnya pembeli computer secara lengkap tidak pernah tahu apa merek harddisk yang mereka gunakan. Terkadang banyak pembeli terbuai dengan masa garansi yang panjang, dan menjamin bahwa harddisk mereka akan digantikan bila rusak. Harddisk rusak akan diganti, bagaimana dengan nasib data penting. Bisa dijawab oleh produsen harddisk ”
tanyakan pada rumput yang bergoyang”.

Harddisk untuk home PC mungkin akan kehilangan data penting seperti file musik atau foto yang menjadi koleksi pribadi. Tetapi bagi kalangan profesional, data penting yang dibuat berbulan bulan bisa saja hilang oleh rusaknya harddisk.

Berapa lama umur harddisk bisa bekerja. Jawabannya tidak pernah sama. Satu vendor umumnya bisa mencapai 3.5 tahun, tetapi ada yang lain hanya sampai 1.5 tahun. Kapasitas dan model membedakan kualitas sebuah dan umur pemakaian sebuah harddisk.

Tentang produsen pembuat harddisk, pemakai, persentasi kerusakan dan umur pemakaian

Secara umum ada 6 produsen besar pembuat harddisk yaitu Fujitsu / Toshiba, Hitachi, Samsung, Seagate, dan Western Digital.

Pada penelitian dilakukan dari 4000 unit harddisk lebih dengan format 3.5 dan 2.5 inch. Storelab melakukan perbandingan dari data yang dikumpulkan sesuai klasifikasi produk, merek dan kapasitas serta model.

Menurut iSuppli , pemakaian harddisk pada pasar computer. Seagate memimpin penjualan harddisk Dunia, di ikuti oleh Western Digital

Menurut data Storelab yang didapat dari catatan kerusakan harddisk yang ada pada mereka. Kerusakan harddisk terbesar terjadi pada produk terbesar yaitu Seagate yang memimpin penjualan harddisk di Dunia. Hampir 2x lipat dari pangsa pasar harddisk yang ada, setara 31%

Walaupun pemakaian harddisk di Rusia hanya berjumlah 40% saja dari seluruh merek harddisk Seagate. Tetapi kerusakan harddisk dari produsen lain jauh lebih rendah, seperti Hitachi dan Western Digital hanya tercatat 11% dibawahnya.

Dibawah ini menurut data statistik kerusakan harddisk menurut persentasi. Probabilitas dari angka dibawah ini menunjukan semakin besar jumlah harddisk yang rusak yang di dapat oleh StoreLab.

Indikator kedua digunakan menurut umur pemakaian dan berapa lama harddisk mampu bekerja sebelum rusak.

Perancang harddisk seperti Insinyur pembuat harddisk boleh mengatakan harddisk mereka mampu bekerja bertahun tahun bahkan puluhan tahun. Tetapi kesimpulan yang mereka lakukan hanya dilakukan berdasarkan angka, dan bukan test sebenarnya. Mengingat tidak mungkin sebuah harddisk baru dijual setelah dilakukan uji coba bertahun tahun untuk mendapatkan angka MTBF.

Apa yang mengejutkan dari data yang di dapat oleh StoreLab. Harddisk ternyata ada yang umurnya hanya 1.5 tahun saja. Sedangkan terlama bekerja dari merek Hitachi dan Western Digital, mampu bekerja sampai 3.5 tahun sebelum terindikasi rusak.

Dari merek Seagate hanya tipe 7200.10 yang mampu bekerja lebih dari 3 tahun. Samsung dan Toshiba/Fujitsu juga bernasib sama, hanya bekerja dalam waktu 1.5 sampai 2 tahun saja dan masuk ke StoreLabs untuk dilakukan forensik data.

Kesimpulan dari data kerusakan masing masing harddisk :

Seagate

  • Seagate 500GB sampai 1.5TB tipe Barracuda 7200.11. Mencapai kerusakan 65% dari harddisk yang masuk ke StoreLab untuk diperbaiki atau diselamatkan datanya. Kerusakan terbesar pada Seagate 7200.11 terjadi pada Firmware yang rusak dengan menampilkan code 000000CC.
  • Seagate tipe 7200.10, lebih tangguh dari 7200.11. Kerusakan hanya mencapai 35%.
  • Kerusakan harddisk terjadi pada drive motor, khususnya pada as roda. Semakin besar jumlah platter akan memperpendek umur motor harddisk. Dan berakhir dengan matinya harddisk.
  • Harddisk yang kerjanya berlebihan dan terus menerus, menjadi satu kategori dari penyebab harddisk mati. Tanda tanda harddisk mengalami kerusakaan pada bagian drive motor, harddisk akan mengeluarkan bunyi semakin keras dan bising ditambah getaran berlebihan.
  • Seagate mencoba memperbaiki teknologi harddisk seri 7200. Dan mengeluarkan 7200.12 yang lebih handal.

Western Digital

  • Harddisk 500GB ternyata tahan sampai 3.5 tahun. Sisanya sebesar 41% rusak adalah tipe 500GB keatas.Karena konstruksi platter lebih banyak biasanya lebih rentan rusak. Bahkan beberapa model rusak sebelum berumur 2 tahun.
  • Ciri dari kerusakan Western Digital terletak ketika proses penulisan dan pembacaan data pada piring platter harddisk. Yaitu pada head harddisk yang rusak, dan menjadi ciri dari harddisk Western Digital.
  • Kondisi lain adalah suhu harddisk. Kerusakan terjadi bila harddisk harus bekerja pada suhu 45 derajat lebih. Harddisk menjadi kepanasan.
  • Western digital membuat harddisk dengan daya tahan gunjang lebih baik. Membuat sistem poros motor yng dibuat terpisah dengan penutup harddisk. Jangan pernah menutup lubang pada harddisk Western Digital. Secara unit, harddisk Western Digital memang handal. Termasuk unit elektronik dan mekanik yang digunakan.

Fujitsu / Toshiba dan Samsung

  • Sebagian besar model yang diperiksa untuk format 2.5 inch, khususnya harddisk untuk notebook. Rata rata umur harddisk dari 2 produsen ini mencapai 2 tahun.
  • Masalah paling umum pada Toshiba / Fujitsu adalah penjepit tiang as drive dalam bentuk bantalan yang rusak karena umur pemakaian. Karena penutup yang ada sangat tipis terkikis, dan cairan pelumas terjadi penguapan. Hal ini membuat gesekan pada socket, lalu pecah dan mengerogoti bagian as roda.
  • Kerusakan lain terjadi ketika head drive mulai mengesek dan merusak platter harddisk, sehingga harddisk rusak atau bad sector. Cirinya mudah, akan terdengar dengunan kecil seperti samar samar., lalu harddisk tidak akan terditeksi lagi oleh BIOS computer. Pastinya data didalam harddisk tidak dapat dibaca, alias hilang. Hal ini umumnya menjadi kejadian pada harddisk Samsung.

Dari 4 merek besar, harddisk terhandal adalah Hitachi.

Hal ini dikemukakan oleh StoreLab. 200 harddisk yang diterima dan diminta diperbaik menjadi catatan perusahaan perbaikan harddisk ini. Dan tidak satupun mengalami kegagalan kerja karena disain harddisk Hitachi sendiri.

  • Semua kerusakaan yang ditemukan adalah kesalahan dari si pemakai.

Tetapi jangan menjadikan patokan bahwa data StoreLab menjadi paduan dalam memilih harddisk. Karena banyak faktor lain yang tidak terlihat oleh masyarakat umum. Angka kerusakan harddisk bisa lebih kecil atau bisa lebih besar lagi Mengingat penelitian ini dilakukan di negara Eropa timur , yang umumnya lebih dingin dan produk yang ada hanya dipasarkan dinegara tersebut.

Angka tersebut adalah kumpulan dan penelitian yang dilakukan oleh StoreLab atas harddisk rusak dan dicoba untuk dilakukan penyelamatan data oleh mereka.

Mengamankan kinerja harddisk agar bekerja lebih lama.

  • Hindari harddisk bekerja pada suhu panas tinggi.
  • Tidak menempatkan harddisk bekerja pada kondisi buruk, seperti tata letak harddisk yang sembarangan didalam computer atau botebook.
  • Mengunakan komponen anti getar untuk melindungi harddisk anda.
  • Bila perlu dipasangkan suhu sensor untuk memonitor panas harddisk.
  • Selalu menyediakan harddisk backup untuk cadangan data, bila data anda memang penting.
  • Ketahui kelemahan produk dari masing masing produsen

Posted on 02/23/2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: